Visit Indonesia 20..?

Ada yang belum pernah denger tentang proyek pemerintah Indonesia yang ini? Kalo belom, wajar kok. Di TV lokal aja jarang ada iklannya. Sedangkan di TV kabel, kita lebih sering ngeliat iklan “Visit Britain”, “Visit Malaysia”, atau “Uniquely Singapore”. Pemerintah kita ini emang sering ngga serius kalo bikin proyek. Kesannya proyek Visit Indonesia ini cuma sekedar mau ikut2an negara tetangga.

Dari awal aja udah terjadi kesalahan. FYI, slogan Visit Indonesia awalnya bukan yang sekarang ini, yaitu “Celebrating 100 years of nation’s awakening”. Beberapa bulan sebelum proyek ini resmi diluncurkan, beberapa travel agent, baik dalam maupun luar negeri, udah mulai promosiin proyek ini.

Kebetulan waktu itu gw lagi ada di sebuah mal di Malaysia waktu gw ngelewatin satu gerai travel agent di mana gw ngliat poster Visit Indonesia. Pertama kali ngeliat, gw mengernyit heran. Sebagai seorang Indonesia yang lagi di negara orang, gw heran karena gw baru mengetahui sesuatu tentang negara gw sendiri justru dari negara lain. Itu yang pertama. Terus gw baca lagi posternya, gw baca slogannya yang bunyinya “Celebrating 100 years of nationhood” (apa nationality ya? Lupa gw. Yaa..pokonya intinya kemerdekaan deh!). dalam hati gw berpikir, bukannya umur kemerdekaan kita baru 62 tahun ya?? Gw jadi merasa bego. Seinget gw si emang baru 60 tahun-an gitu kan? Masa soal Bahasa Inggris aja bisa salah sih? Gw aja yang cuma seorang anak SMA, yang bahkan belom lulus aja tau kalo itu salah. Itu kesalahan yang kedua. Untungnya, pemerintah kita nyadar dan cepet2 meralat slogannya sebelum acara peluncuran resminya.

According to my opinion (ciee..jadi inget guru Inggris gw, Ms. Yuli), kita belum siap untuk sesuatu macemnya acara “visit2an” kayak begini. Coba liat sekeliling, apa yang udah dilakukan pemerintah kita buat menunjang proyek Visit Indonesia ini? Ngga usah jauh2 deh. Kita yang tinggal di Jakarta, coba liat ke sekeliling. Adakah taman atau obyek wisata yang dibagusin? Yang ada malah galian jalan di mana-mana yang bikin jalanan makin macet.

Mengutip artikel Dalton Tanonaka (news anchor ‘Indonesia Now’ di Metro TV) yang nulis di Weekenders-nya The Jakarta Post, yang bilang kalo yang paling penting dari tourism suatu negara adalah WC-nya. Yep, WC. Masuk akal sih. Gw setuju. Gini deh, WC itu kan kawasan pribadi setiap orang, jadi kepribadian seseorang itu bisa dliat dari WC-nya kan? Dan kepribadian sebuah bangsa itu terbentuk dari kepribadian individu2 masyarakatnya kan? Sekarang coba liat WC umum kita. Gw rasa ngga perlu ngomong pun semua orang udah tau gimana reputasi WC umum kita.

tanpa bermaksud meng-underestimate negara sendiri, gw nulis ini. tujuannya ngga muluk2 kok, cuma pengen menumpahkan unek2 aja. just like what I wrote before, gw bukan orang dengan nasionalisme tinggi. dan dengan sedikit rasa nasionalisme itu gw masih punya secercah harapan buat Indonesia buat bangkit dan serius mengenai proyek Visit Indonesia ini. walaupun entah harus nunggu sampai berapa tahun lagi.

0 comments: