Nasionalisme Yang Minimalis

It started last Saturday, waktu gw lagi nonton TV sendirian. waktu lagi ganti-ganti channel tv gw berhenti di satu stasiun tv yang gw jamin skrg ratingnya lagi naik, gara2 ada event olahraga internasional yang di mana Indonesia lagi jadi tuan rumahnya. *mo bilang Thomas & Uber Cup aja kok muter2 sih??!*

so this is like this..
pas gw nonton, ada iklan Thomas & Uber Cup. terus terang, gw ngga tau kalo tahun ini Indonesia jadi tuan rumah kalo ngga liat tu iklan. entah kesambet setan apa, tiba2 gw begitu menggebu2 pengen nonton pertandingan bulutangkis. rasanya pengeeeeennnnnnnn banget. sebenernya bukan permintaan yang susah sih, secara tu stasiun tv bakal nayangin pertandingannya secara live, bisa aja gw duduk manis di depan tv. tapi hal yang tidak biasa adalah gw pengen nontonnya LIVE di SENAYAN, bukan di rumah.
entah kenapa gw tiba2 jadi pengeennn banget nonton bulutangkis. padahal gw juga ngga suka2 amat sama bulutangkis, setidaknya ngga sampe segila gw nonton bola.

gw bukan orang dengan nasionalisme yang tinggi. sering kluar kata2 yang nyela Indonesia dari mulut gw. bahkan gw berniat buat membina bahtera rumah tangga di luar Indonesia *caelaah..*
banyak hal yang membuat gw sebel, bahkan benci sama bangsa, sama negara ini. gw berniat meninggalkan negara ini, tapi harus di saat yang tepat, dan gw sangat menantikan saat itu. jahat memang. kesannya gw ngga berbakti pada bangsa dan negara.

trus apa hubungannya sama Thomas & Uber Cup?
gw pengen nonton di Senayan ngga cuma sekedar nonton. gw pengen berada di sana dan meneriakkan yel-yel buat menyemangati tim Indonesia. ya, tim INDONESIA. bukan tim Cina yang merupakan unggulan pertama di turnamen ini.

ngga banyak yang bisa gw banggakan dari negara ini. secara pribadi, cuma 3 hal yang gw banggakan dari Indonesia, yaitu kebudayaan tradisional, film, dan.... bulutangkis.

soal kebudayaan tradisional kita, ngga usah ngomong. semua orang juga tahu kalo Indonesia sangat kaya akan kebudayaan. dan gw bangga akan hal itu. salah satu wujudnya gw ikut ekskul Gamelan Bali di sekolah. gw ngga tau, tapi perasaan gw campur aduk setiap kali gw denger musik gamelan, entah Bali entah Jawa. kuno? terserah orang mau bilang apa.

soal film. buat yang belum tahu, film-film Indonesia udah banyak yang dapet penghargaan tingkat dunia. kalo banyak yang belum tahu, wajar kok. itu karena film yang menang penghargaan emang biasanya malah ngga diputer di sini, atau mungkin diputer tapi untuk kalangan tertentu aja. aneh kan? film yang dapet penghargaan di luar negeri kok malah ngga laku di negaranya sendiri? itulah Indonesia...

prestasi bulutangkis kita di mata dunia bagus, bagus banget malah. pemain tunggal putra kita, Sony Dwi Kuncoro dan Taufik Hidayat masuk peringkat 10 besar dunia. keren kan?

karna itulah...
gw maw menunjukan nasionalisme gw yang sangat sedikit itu, yang sangat minimalis, selagi masih bisa. selagi masih ada yang bisa kita banggakan.

1 comments:

Felicia Liliana mengatakan...

membina bahtera rumah tangga??
sama siapa??hahaha